Sabtu, 18 Agustus 2012

Penjelasan tentang 6 rukun iman


Posted by: Fauzionline // 03.14 | Kategori: Religi

pemandangan langit.jpg
Bagi umat islam kita harus meyakini dan mempercayai apa yang ada pada rukun iman. Lalu berapa jumlahnya rukun iman itu dan apa saja yang harus diimani? berikut ini penjelasan secara ringkasnya.

Rukun Iman ada 6, yaitu:
1. Iman kepada Allah
Meyakini bahwa Allah adalah sang pencipta semua makhluk dan tidak menyekutukannya dengan apapun. Percaya bahwa Allah itu esa dan tidak ada yang menyamaiNya dzat dan sifat- sifatNya, tidak ada sekutu bagiNya dalam kekuasaan maupun ketuhananNya. Dan juga percaya bahwa Allah tidak ada mulanya dan kekal tidak ada kesudahannya.

2. Iman kepada Malaikat
Iman kepada malaikat dapat dilakukan dengan meyakini bahwa mereka adalah hamba Allah yang mulia yang tidak melanggar perintah dan berbuat semua apa yang ditugaskan kepada mereka.

3. Iman kepada kitab
Mempercayai kitab- kitab bahwa isi yang terkandung di dalamnya itu benar firman dari Allah yang diturunkan kepada sebagian utusanNya.

4. Iman kepada Rasul
Percaya bahwa Allah mengutus mereka dari kekejian dan kekurangan- kekurangan yang juga dipelihara dari dosa- dosa besar maupun kecil sebelum dan sesudah jadi rasul.

5. Iman kepada hari akhir
Percaya akan adanya hari perhitungan dimana semua amal perbuatan kita akan dipertanggung jawabkan, pembalasan atas semua amal, hisab, dan timbangan amal. Di dalam kubur kita akan ditanyai dan akan diberikan balasan sesuai yang kita perbuat.
Dan juga harus percaya akan adanya surga dan neraka.

6. Iman kepada takdir yang baik dan yang buruk
Dengan mempercayai akan adanya takdir maka kita percaya bahwa Allah telah menentukan segala sesuatu dalam ajal baik itu takdir yang baik maupun buruk, yakni sebelum menciptakan makhluk ketentuan rencana yang akan terjadi pada makhluk. Apa yang ditakdirkan pasti akan terjadi.

Tidak diterima sedekahnya seseorang walaupun sedekah tersebut emas sebesar gunung uhud jika tidak mengimani akan adanya takdir yang baik dan buruk.

Attaj Assubuki berkata: Islam berupa ibadah jasmani, dan tidak dianggap kecuali dengan iman, sedang iman itu kepercayaan dalam hati juga tidak dianggap kecuali disertai dengan ucapan lidah terhadap dua kalimat syahadat.

Penjelasan tentang 6 rukun iman
Penjelasan tentang 6 rukun iman Fauzionline
By:
Published:
Rating Artikel : 5 rates
Jumlah Voting : 160 Orang Total time:

Link Url: http://www.fauzionline.com/2012/08/penjelasan-tentang-6-rukun-iman.html