Kamis, 07 Februari 2013

Cara mengatasi insomnia pada Ibu Hamil


Posted by: Fauzionline // 05.06 | Kategori: ibu hamil dan anak
Cara mengatasi insomnia pada Ibu Hamil
Insomnia pada ibu hamil - Hal ini tergolong normal, pasalnya 78% ibu hamil pernah mengalaminya. Tapi hal itu harus segera mungkin diatasi karena kekurangan jam tidur dapat beresiko mengalami komplikasi dari penyakit darah tinggi. Secara umum ibu hamil memiliki jam normal tidur 7- 9 jam perhari, kurang dari itu berdampak buruk pada kesehatan anda.

Walaupun kasus insomnia secara umum tidak berdampak pada kehamilan namun menurut penelitian dari Center for Perinatal Studies di Swedish Medical Center, Seattle, Amerika Serikat menyatakan bahwa ibu hamil dengan jam tidur kurang dari 6 jam akan berdampak pada peningkatan darah tinggi sekitar 3,72 mm/Hg.

Komplikasi penyakit darah tinggi pada ibu hamil akibat insomnia ini perlu diwaspadai dan tidak bisa diremehkan karena kasus ini merupakan penyebab kematian kedua pada ibu hamil. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk segera diatasi dengan memahami beberapa faktor penyebab insomnia pada ibu hamil.

Beberapa penyebab insomnia pada Ibu Hamil

•    Pertumbuhan Bayi
Saat bayi berkembang, bayi akan mendorong beberapa organ kewanitaan. Ketidaknyamanan inilah yang membuat ibu hamil susah untuk tidur.

•    Stres
Faktor ini adalah hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil, kekhawatiran tentang kondisi bayi, keperluan uang untuk persalinan, dan masih banyak hal lain yang membuat kecemasan sehingga membuat susah untuk tidur lelap.

•    Buang Air kecil
Pada umumnya susah tidur atau insomnia ini terjadi pada usia kandungan trimester 1 dan trimester 3, pada trimester 3 ibu hamil mengalami peningkatan buang air kecil atau yang sering disebut nokturia.


Cara mengatasi insomnia pada ibu hamil


1. Diharapkan ibu hamil untuk menjauhi rokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol

2. Ibu hamil diharapkan mengurangi konsumsi kafein. Kafein dapat membuat susah tidur dan jantung berdebar. Selain pada kopi kafein juga bisa ditemukan di teh soda dan coklat

3. Usahakan ibu hamil tidak tidur siang, jika merasa ngantuk di siang hari sebaiknya cukup dengan 30 – 60 menit saja. Jika lebih dari itu malah membuat malam hari susah tidur.

4. Buat jadwal untuk waktu istirahat anda, atur waktu tidur dan waktu bangun. Usahakan rileks dan tenang saat akan tidur.

5.  Usahakan agar tidur dalam posisi badan miring ke kiri mulai trimester pertama hingga akhir kehamilan. Dengan posisi tidur miring ke kiri juga akan membantu darah dan nutrisi mengalir dengan lancar ke janin dan rahim, serta membantu ginjal untuk sedikit memperlambat produksi urine. Pada ibu hamil membiasakan tidur dalam posisi ini juga akan bermanfaat untuk membantu ibu tidur lebih optimal ketika perut semakin membesar pada saat usia kandungan trimester III.
Cara mengatasi insomnia pada Ibu Hamil
Cara mengatasi insomnia pada Ibu Hamil Fauzionline
By:
Published:
Rating Artikel : 5 rates
Jumlah Voting : 160 Orang Total time:

Link Url: http://www.fauzionline.com/2013/02/cara-mengatasi-insomnia-pada-ibu-hamil.html