Minggu, 12 Mei 2013

Menu makanan untuk penderita asam urat


Posted by: Fauzionline // 09.11 | Kategori: Tips Kesehatan
Menu makanan untuk penderita asam urat
Menu makanan penderita asam urat - Istilah asam urat sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian karena terlalu banyak mengandung kadar asam urat di dalam tubuh. Penyakit ini umumnya menyerang daerah pergelangan tangan, dengkul, tumit, siku, jari tangan, dan jari kaki. Akibat dari asam urat sendiri iyalah persendian akan bengkak, kaku, nyeri, dan meradang. Penyebab yang paling umum adalah karena ketidakmampuan ginjal dalam membuang tuntas asam urat, sedangkan penyebab lainnya dikarenakan tubuh terlalu banyak memproduksi kadar asam urat ini.

Keluhan- keluhan lain yang dirasakan oleh penderita asam urat diantaranya seperti penyakit ginjal, tekanan darh tinggi, diabetes, dan juga aterosklerosis. Biasanya asam urat diderita oleh seseorang yang telah menginjak usia 40 tahun dan juga wanita yang telah memasuki masa menopause. Dan setengah dari penderita asam urat adalah orang yang mengalami kegemukan badan.

Asam urat sendiri merupakan senyawa gabungan dari heterosiklik karbon,hidrogen, nitrogen, dan oksigen yang terbentuk dari sisa zat dalam tubuh yang keluar dan memecah suatu zat yang disebut dengan purin. Jika asam urat tidak keluar dari tubuh maka akan terakumulasi pada sendi- sendi, terutama sendi kaki dan jari kaki dalam bentuk kristal.

Seseorang yang mengidap asam urat harus berhati- hati dalam urusan memilih makanan. Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Makanan- makanan ini diataranya:

1. Makanan yang mengandung Vitamin C
Makanan yang kaya akan vitamin c baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat, vitamin C bisa didapatkan pada buah- buahan yang mengandung vitamin C atau juga dengan suplemen yang mengandung vitamin C.

2. Makanan yang mengandung potasium tinggi
Makanan yang mengandung potasium dengan kadar yang tinggi diantaranya Kentang, Pisang, Alpukat, sayuran, buah- buahan, susu, dan yoghurt.

3. Air putih
Asam urat memiliki hubungan dengan penyakit batu ginjal, oleh karena itu perbanyaklah untuk minum air putih agar kristal asam urat segera keluar dari tubuh anda.

Sebaiknya anda sejak dini mungkin untuk mengobati penyakit asam urat yang diderita. Apabila dibiarkan bisa jadi akan menimbulkan penyakit lain seperti batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.
Menu makanan untuk penderita asam urat
Menu makanan untuk penderita asam urat Fauzionline
By:
Published:
Rating Artikel : 5 rates
Jumlah Voting : 160 Orang Total time:

Link Url: http://www.fauzionline.com/2013/05/menu-makanan-untuk-penderita-asam-urat.html